...

Senin, 03 Januari 2011

What Is Social Media Marketing?


Social Media Marketing adalah bentuk marketing dengan memanfaatkan social media channel. Kedudukan diantara user bersifat horizontal yang berarti tidak ada pimpinan dan bawahan. dengan kata lain diantara user saling menghormati tanpa ada keterikatan birokrasi.
Kekuatan social media marketing berujung pada suara komunitas sebagai core powerdan pusat gravity. Apabila suatu brand mampu ber-interaksi didalamnya kemudian memasarkan(marketing) suatu produk lalu banyak dibicarakan hal hal positif sehingga terbentuk opini komunitas maka ujung dari marketing strategy dapat terwujud, SALES.
Satu lagi penjelasan yang saya sukai, yakni Marketing Sherpa mengenai social media marketing& PR.
Social Media Marketing and PR is the practice of facilitating a dialogue and sharing content between companies, influencers, prospects and customers, using various online platforms including blogs, professional and social networks, video and photo sharing, wikis, forums and related Web 2.0 technlogies.

Bagaimana Implementasi Social Media Marketing Strategy?

Menggunakan berbagai tool social media mulai dari yang berkomunikasi hingga mengukur efektifitas dan bagaimana pengaruhnya terhadap opini komunitas tersebut. Beberapa tool social media yang cukup populer adalah Radian6Omniture, hingga Raven sebagai SEO Tool monitoring. Bersama user di media sosial digital marketer turut berpartisipasi dan berkolaborasi dengan tujuan me-marketing produknya. Cara yang seperti ini memiliki impresi yang elegantkarena brand diharuskan bertujuan utama untuk bagaimana meng-koneksi-kan antar member/netizen.

Social Media Marketing and PR is engaging + Community

Setelah asik mengulik social media marketing, sekarang kita bergunjing “apa manfaat social media marketing bagi dunia PR” ? :)
Dari kacamata online marketing strategy, Social media merupakan wahana online yang konten utamanya diisi dan didominasi oleh publik dan berkolaborasi dengan karyawan pemilik wahana online tersebut. Aplikasi semacam ini  terlihat pada Youtube, Facebook dan juga corporate blog. Indikator dari conversation dalam ruang social media ini adalah menciptakan loyalty dan Promoter atau evangelist sebagai guardian angels of brand. Bagi divisi public relation rasanya perlu melihat dan mempelajari Net Promoter Score (NPS) setidaknya sebagai acuan seberapa banyak fans yang benar benar Anda miliki. Bukan cuma database atau contact list doang :-) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar